Friday, November 13, 2009

Alternatif Search Engine

Banyak hal menarik yang terjadi jika kita mengamati persaingan antara bing dan Google, perbandingan dua mesin pencari ini terus diperbincangakan, meski secara kuota hasil pencarian Google masih jauh unggul, tetapi Bing selalu disebut sebagai salah satu pesaing terkuat Google.

Tapi jika anda bosan menggunakan dua mesin pencari ini, anda bisa mencoba beberapa mesin pencari lain. Yang satu mesin pencari yang membandingkan hasil pencarian Bing dan Google secara langsung, yang satu lagi memperlihatkan hasil pencarian dari berbagai mesin pencari, bahkan dari berbagai situs foto, bahkan e-tailers. Dua situs itu adalah bing-vs-google serta Panbee.

Situs pertama: bing-vs-google

Situs ini dibuat oleh Domagoj Pavlesic seorang web developer dan IT journalist dari Kroasia. Dalam sebuah artikel di Techcrunch, disebutkan bahwa Domagoj membuat situs ini dalam waktu kurang dari 6 jam. Antara takjub dan ragu, karena bisa jadi dengan waktu yang cukup singkat, situs yang dibuat tidak terlalu sempurna.

Situs ini pada intinya adalah membandingkan hasil pencarian dua search engine dalam satu kesempatan atau secara sederhana dalam satu tampilan sehingga kita bisa langsung membandingkan hasil pencarian dari dua search engine ini. Tampilannya bisa dirubah secara horisontal maupun vertikal.

Situs kedua: Panabee.

Secara tampilan Panabee jauh lebih baik, dengan warna yang kalem serta icon panda, situs ini lebih berpeluang untuk menarik user betah berlama-lama.

Panabee juga membandingkan kemampuan dua mesin pencari, Bing dan Google dalam satu halaman. Tampilannya seperti kolom koran, bisa diatur untuk tampilan hanya Bing saja atau hanya Google saja.
Tapi Panabee juga dilengkapi hasil pencarian dari beberapa situs pupoler lain, seperti Twitter, Wikipedia serta Yahoo dengan hanya sekali klik. Selain itu Panabee juga menyediakan aplikasi search yang clustered, dimana jika anda mencari barang di penjual internet, misalkan anda akan mencari barang elektronik dan memilih aplikasi e-tailers, maka hasil pencarian bisa dilakukan di Amazon, e-bay, buy.com, Zappos dll.

Intinya situs ini memang untuk membandingkan hasil pencarian di beberapa mesin pencari, e-tailer, penyedia foto, video, dll, serta kemudahan pencarian dengan sekali klik, untuk membandingkan hasil pencarian dari berbagai situs itu.

Search engine masih menjadi lahan pertarungan dari beberapa perusahaan besar di internet. Meski keakuratan hasil pencarian masih memegang peran paling penting dalam pertarungan, tapi pengalaman user dalam melakukan pencarian juga menjadi bagian penting dalam mengelola user experience. Tampilan dengan warna menarik, hasil pencarian dari berbagai sumber, bisa menjadi pilihan lain dalam melakukan pencarian.

0 comments:

Post a Comment

Hosting Murah Domain Murah Indonesia, Pelayanan terbaik Fasilitas lengkap dan Limit bandwith lebih tinggi

Infolinks In Text Ads