Friday, November 13, 2009

Google Rilis Chrome Untuk Mac Dan Linux

Google baru saja mengumumkan rilis beta dari produk browsernya Google Chrome untuk platform Mac dan Linux. Namun sayangnya rilis engine Chromium ini ditujukan untuk para developer di Google Code dan bukan untuk end-user.

Hal ini disebabkan Google Chrome (dan Chromium) di versi Mac dan Linux masih belum sempurna dan masih dalam tahap pengembangan dan testing. Bahkan Google juga menyarankan kepada pengguna agar jangan dulu mengunduh dan menggunakan Google Chrome kecuali sudah siap untuk kecewa. Bahkan plugin Adobe Flash saja belum berjalan dengan baik.

Dengan dirilisnya kode Chromium ini ke publik (open source) maka setidaknya penantian untuk rilis Chrome di Mac dan linux tidak akan lama lagi. Meskipun masih banyak hal yang harus dikerjakan untuk Chrome, namun pengembangan untuk versi Mac dan Linux ini direncanakan memiliki beberapa fitur tambahan juga.

Juru bicara dari Google juga menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin ada end-user yang mengalami crash atau efek lain dari versi unstable ini, namun jika anda tertarik untuk membantu mencoba Google Chrome dan juga siap menghadapi crash sana-sini, silahkan unduh dan coba.

Saya sih sudah mengunduhnya dan menginstallnya di Ubuntu Jaunty saya, dan untungnya sampai saat ini belum ada crash sama sekali. Masalahnya ya karena belum support Flash jadi agak repot kalau ingin menonton YouTube :D Saya sudah mencoba menggunakan Chrome di Gmail dan Twitter dan beberapa situs lain dengan extensive Javascript execution dan semuanya berjalan dengan lancar, bahkan postingan ini saya tulis diatas browser Chrome juga.

Dan seperti di versi Windows, Chrome ini memang salah satu browser paling cepat dan juga ringan. Namun ya saya baru menggunakan Chrome ini kurang lebih 1 jam, jadi mungkin belum bisa terlihat bug-bug itu di komputer saya.

Untuk anda yang ingin mencobanya silahkan unduh disini, install di Linux anda dan sampaikan pendapat anda di kolom komentar.

0 comments:

Post a Comment

Hosting Murah Domain Murah Indonesia, Pelayanan terbaik Fasilitas lengkap dan Limit bandwith lebih tinggi

Infolinks In Text Ads